Meski nama komunitas ini terkesan imut, alasan dibentuknya komunitas tersebut serius. Inilah GenPI atau Generasi Pesona Indonesia. Komunitas yang ide dasarnya adalah memajukan pariwisata Indonesia dengan cara digital ini mulanya terbentuk sebagai pengejawantahan dari program yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar).

Ketika itu Kemenpar membuat program promosi wisata “go digital” sebagai satu dari banyak strategi lain untuk memasarkan pariwisata negeri ini. Maka dibentuklah Genpi yang anggotanya terdiri dari anak-anak muda penggiat promosi pariwisata melalui media digital seperti blog, media sosial facebook-instagram-twitter-path, dan lain sebagainya.

Jika pernah melihat #hayukajabar berarti tidak awam dengan hashtag yang dibuat oleh GenPI Jawa Barat ini. Komunitas GenPI Jabar diresmikan pada 6 Agustus 2016 di The Green Forest Resort Bandung dan komunitas kedua setelah GenPI Lombok Sumbawa.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya pembentukan GenPI ini adalah bentuk komitmen dari Kemenpar agar anak muda Indonesia ikut berkontribusi melalui media sosial dalam bidang pariwisata. Cara memenangkan pasar pariwisata dunia harus menguasai dunia digital. Seperti moto ini, “More Digital More Personal – More Global and More Profesional”.

Di pameran buku dengan diskon besar-besaran, GenPI tidak mau ketinggalan untuk ikut meramaikan. Pasukan digital mereka aktif untuk ikut mempromosikan pestanya anak literasi Bandung.

Penasaran dengan GenPI Jawa Barat? Silahkan kunjung websitenya -> http://genpijabar.org/