Liga Buku Bandung/LBB tidak hanya ajang pameran buku dengan diskon besar-besaran, lo. Di GOR Saparua lokasi LBB diadakan terdapat pula Panggung Literasi yang menampilkan beragam komunitas dari Bandung dan Jawa Barat. Dari berbagai komunitas asyik dan keren itu ada satu yang patut dilirik, yaitu Komunitas Ngampar Boekoe. Apa itu?

Komunitas yang namanya unik ini dibentuk pada 15 Desember 2014. Ada satu semangat perubahan yang diharapkan dapat tercapai dengan didirikannya Komunitas Ngampar Boekoe yang berkaitan dengan kecintaan pada buku dan membaca. Organisasi kreatif ini mewadahi anak-anak dan remaja untuk berinteraksi dan berekspresi melalui buku. Kegiatan membaca bukan hanya dilakukan personal tapi bisa di ruang publik, seperti cafeteria atau taman-taman.  

Jika sedang berada di taman kota, misalnya di Cimahi coba tengok sekeliling. Apabila melihat jajaran buku tergeletak di tengah rumput, beralaskan tikar atau terpal dan banyak pemuda pemudi bercengkerama, bisa jadi mereka dari Komunitas Ngampar Boekoe. Seperti yang sering diadakan di taman Alun-alun Cimahi yaitu berupa perpustakaan jalanan.

Perpustakaan jalanan tersebut biasanya dilakukan setiap pukul tiga sore di akhir pekan. Tidak cuma itu, ada pula kegiatan lainnya yang menarik antara lain Pameran Foto Outdoor ‘Solitude’, orkes karinding, aksi teatrikal, diskusi dan bedah buku serta penanaman Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kegiatan rutin lainnya yang diadakan oleh Ngampar Boekoe adalah “Senja Berkata” setiap 3 bulan sekali. Senja Berkata adalah bentuk apresiasi terhadap puisi sebagai salah satu karya sastra dan diharapkan dapat menyebar luas. Menarik, bukan?

Komunitas Ngampar Boekoe telah menyebarkan gagasannya di kota Cimahi dan Indramayu, kabupaten Bogor, kabupaten Bandung Barat juga kabupaten Indramayu. Ingin tahu lebih banyak mengenai komunitas ini? Saksikan di LBB segera.